Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

Pengabdian Nyata, Praja IPDN Ikut Serta Menyalurkan BLT

Pengabdian Nyata, Praja IPDN Ikut Serta Menyalurkan BLT

Cilalawi, 8 September 2023 – Pemerintah Desa Cilalawi kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) kepada masyarakat Desa Cilalawi yang merupakan kegiatan rutin dalam menyukseskan profram pemerintah dalam upaya mengentaskan kesenjangan sosial di masyarakat. Kegiatan pemberian BLT-DD ini langsung dikoordinir oleh Bapak Denden Syarifudin selaku Kepala Desa Cilalawi dan perangkat desa serta tidak ketinggalan juga Praja IPDN yang sedang melakukan Bhakti Karya Praja.

Kegiatan BLT-DD dilaksanakan secara dua tahap dimana tahap pertama dilaksanakan secara langsung atau dari rumah ke rumah warga yang membutuhkan, kemudian dilaksanakan di Kantor Desa Cilalawi dimana masyarakat yang datang ke kantor mengambil BLT-DD. Penyaluran BLT-DD terlaksana dengan lancar dan sesuai harapan karena masyarakat yang menerima bantuan terlebih dahulu telah ditinjau langsung perangkat Desa Cilalawi dengan bantuan RT/RW terkait.

Penyaluran BLT-DD dilaksanakan setiap tiga bulan sekali dengan nominal Rp.900.000 dengan pertimbangan bahwa yang mendapat prioritas yaitu masyarakat yang menderita sakit dalam waktu yang lama atau lansia yang sudah tidak memiliki penghasilan dan tidak memiliki sanak famili yang akan menanggung hidup lansia tersebut. Dengan metode tersebut diharapkan penyaluran BLT-DD lebih tepat sasaran sehingga lebih bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan.

Praja IPDN yang ikut serta dalam penyaluran BLT-DD mendapatkan banyak pelajaran dan pengalaman yang berharga dalam kegiatan tersebut dimana praja merasakan dan mengetahui bagaimana kondisi berhadapan langsung dengan masyarakat. Hal ini sesuai dengan apa yang diharapkan dari kegiatan pengabdian yang dicanangkan oleh IPDN sehingga Praja IPDN selaku kader pemimpin masyarakat nantinya tidak mengecewakan.

Selain itu, Praja IPDN juga mendapat memahami kompleksnya permasalahan yang terdapat di lingkungan masyarakat desa sehingga ini bisa menjadi bekal berharga bagi Praja IPDN yang menambah kemampuan dan keterampilan yang tidak bisa didapatkan di dalam kampus. Berbagai kegiatan yang dilaksanakan di Desa Cilalawi diharapkan mampu mendatangkan banyak manfaat untuk pelbagai pihak baik bagi masyarakat Desa CIlalawi maupun bagi Praja IPDN yang sedang melaksanakan Bhakti Karya Praja.

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *

Artikel Terpopuler