Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

Artikel Terpopuler

Sinergitas Praja Dengan Perangkat Desa Cilalawi Kunci Suksesnya Kegiatan BKKBN

Cilalawi, 11 September 2023 – Kesejahteraan rakyat merupakan cita-cita Negara Kesatuan Republik Indonesia yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945 dan Pancasila. Dalam mewujudkan cita-cita tersebut pelbagai upaya dilaksanakan oleh pemerintah salah satunya melalui program Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional atau biasa dikenal dengan BKKBN sendiri berperan penting dalam pengelolaan populasi penduduk dan kualitas di lingkungan keluarga. Desa Cilalawi yang terletak di Kecamatan Sukatani tidak luput dari perhatian pemerintah terkhusus oleh Pemerintah Kabupaten Purwakarta. Senin, 11 September 2023 Desa Cilalawi mendapat kunjungan dari BKKBN yang diawasi anggota DPR-RI dalam menjalankan program dari BKKBN dengan harapan dapat mengentaskan Stunting guna meningkatkan kualitas SDM. Dalam kegiatan tersebut masyarakat Desa Cilalawi diberikan pengetahuan tentang gejala, pencegahan hingga pengobatan yang dapat diupayakan. Kegiatan penyuluhan oleh BKKBN kali ini berjalan dengan lancar dan sukses serta yang paling penting adalah antusiasme masyarakat Desa Cilalawi yang tinggi, hal ini menggambarkan bahwa kesadaran masyarakat akan kesejahteraan merupakan sesuatu yang penting. Peningkatan kesejahteraan sendiri merupakan hal yang tidak dapat dicapai jika hanya upaya atau usaha dari pemerintah saja maka jika dilihat dari antusiasme masyarakat yang tinggi dapat disimpulkan bahwa kesejahteraan dapat dicapai dan hanya butuh waktu. Praja IPDN dalam hal ini juga ikut mendukung program pemerintah tersebut, pada kegiatan kali ini Praja IPDN ikut serta menunjang suksesnya acara penyuluhan oleh BKKBN tersebut. Pelbagai hal dilakukan oleh Praja IPDN dalam menunjang kegiatan tersebut seperti menjadi dirigen lagu kebangsaan Indonesia Raya, mengkoordinir masyarakat agar tertib, host acara dan lain-lain. Diharapkan dengan kegiatan ini dapat mendatangkan manfaat meski tidak instan dan butuh waktu hingga dapat merasakan manfaatnya.

Pengabdian Nyata, Praja IPDN Ikut Serta Menyalurkan BLT

Cilalawi, 8 September 2023 – Pemerintah Desa Cilalawi kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) kepada masyarakat Desa Cilalawi yang merupakan kegiatan rutin dalam menyukseskan profram pemerintah dalam upaya mengentaskan kesenjangan sosial di masyarakat. Kegiatan pemberian BLT-DD ini langsung dikoordinir oleh Bapak Denden Syarifudin selaku Kepala Desa Cilalawi dan perangkat desa serta tidak ketinggalan juga Praja IPDN yang sedang melakukan Bhakti Karya Praja. Kegiatan BLT-DD dilaksanakan secara dua tahap dimana tahap pertama dilaksanakan secara langsung atau dari rumah ke rumah warga yang membutuhkan, kemudian dilaksanakan di Kantor Desa Cilalawi dimana masyarakat yang datang ke kantor mengambil BLT-DD. Penyaluran BLT-DD terlaksana dengan lancar dan sesuai harapan karena masyarakat yang menerima bantuan terlebih dahulu telah ditinjau langsung perangkat Desa Cilalawi dengan bantuan RT/RW terkait. Penyaluran BLT-DD dilaksanakan setiap tiga bulan sekali dengan nominal Rp.900.000 dengan pertimbangan bahwa yang mendapat prioritas yaitu masyarakat yang menderita sakit dalam waktu yang lama atau lansia yang sudah tidak memiliki penghasilan dan tidak memiliki sanak famili yang akan menanggung hidup lansia tersebut. Dengan metode tersebut diharapkan penyaluran BLT-DD lebih tepat sasaran sehingga lebih bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan. Praja IPDN yang ikut serta dalam penyaluran BLT-DD mendapatkan banyak pelajaran dan pengalaman yang berharga dalam kegiatan tersebut dimana praja merasakan dan mengetahui bagaimana kondisi berhadapan langsung dengan masyarakat. Hal ini sesuai dengan apa yang diharapkan dari kegiatan pengabdian yang dicanangkan oleh IPDN sehingga Praja IPDN selaku kader pemimpin masyarakat nantinya tidak mengecewakan. Selain itu, Praja IPDN juga mendapat memahami kompleksnya permasalahan yang terdapat di lingkungan masyarakat desa sehingga ini bisa menjadi bekal berharga bagi Praja IPDN yang menambah kemampuan dan keterampilan yang tidak bisa didapatkan di dalam kampus. Berbagai kegiatan yang dilaksanakan di Desa Cilalawi diharapkan mampu mendatangkan banyak manfaat untuk pelbagai pihak baik bagi masyarakat Desa CIlalawi maupun bagi Praja IPDN yang sedang melaksanakan Bhakti Karya Praja.

Desa Cilalawi Semakin Eksis Dengan Kedatangan Praja IPDN

Cilalawi, 6 September 2023 – Desa Cilalawi, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta kedatangan tamu istimewa yaitu Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dalam melaksanakan Bhakti Karya Praja (BKP). Bhakti Karya Praja atau yang lebih dikenal dengan istilah BKP merupakan salah satu program pengabdian ke masyarakat oleh IPDN sebagai perwujudan dari Tri Darma perguruan tinggi dimana IPDN merupakan sekolah tinggi kedinasan yang bernaung di bawah Kementerian Dalam Negeri. Bhakti Karya Praja sendiri bertujuan untuk mengintegrasikan ilmu pengetahuan dan konsep yang telah dimiliki oleh Praja IPDN di lingkungan masyarakat secara nyata. Bhakti Karya Praja saat ini berfokus pada pengembangan website desa yang diusung oleh Pemerintah Kabupaten Purwakarta dengan nama “Webdesaku”. Pada tahap awal kegiatan Praja IPDN melakukan konsolidasi dengan perangkat desa dan tokoh masyarakat sekaligus membahasberbagai aspek tentang Desa Cilalawi guna mengetahui dan memahami kebutuhan serta potensi yang dimiliki yang dimiliki Desa Cilalawi. Output dari konsolidasi ini akan menjadi landasan dalam mengembangkan website “Webdesaku” sesuai dengan kebutuhan dan harapan Desa Cilalawi. Kepala Desa Cilalawi, Bapak Denden Syarifudin, S.Pd.I dengan antusiasme tinggi dan ramah menyambut kedatangan Praja IPDN. “Kami merasa sangat bersyukur dengan kedatangan Praja IPDN di Desa Cilalawi dan berharap bisa memberikan manfaat dan dampak positif kepada masyarakat luas khususnya kepada perangkat desa,” tutur Pak Denden Syarifudin, S.Pd.I sewaktu menerima kedatangan Praja IPDN. Selain pengembangan website “Webdesaku,” kegiatan Bhakti Karya Praja di Desa Cilalawi juga mencakup pelatihan dan pendampingan kepada masyarakat dalam pengelolaan website tersebut. Hal ini bertujuan agar website tersebut dapat berfungsi sebagai sarana informasi yang aktif, interaktif dan aktual bagi masyarakat Desa Cilalawi. Bagi Praja IPDN sendiri kegiatan BKP menjadi wadah dimana praja dapat mengembangkan kemampuan dan keterampilan di masyarakat selaku kader pemimpin di masa mendatang.

Bangun Drainase Desa Cilalawi Gunakan Dana Desa

CILALAWI-Anggaran Dana Desa (ADD) termin kedua tahun 2022 di Desa Cilalawi Kecamatan Sukatani Kabupaten Purwakarta sebesar Rp. 199.483.200 Diantaranya digunakan untuk membangun Drainase di wilayah Kampung Cilayung RT 009/003 Desa Cilalawi, besaran anggaran untuk pembangunan Drainase tersebut Rp. 118. 035.760, sepanjang  250 Meter. Pemdes Cilalawi melalui hasil musyawarah desa yang melibatkan seluruh perangkat desa menyepakati mengalokasikan ADD  untuk pembangunan Drainase diwilayah tersebut. “Kita alokasikan ADD untuk pembangunan Drainase diwilayah RT 009 karena kerap mengalami banjir ketika musim hujan tiba,”jelas Kepala Desa Cilalawi Denden Syaripudin S.Pd.I Senin (15/8). “Alokasi ADD tersebut merupakan hasil musyawarah perangkat desa yang dituangkan di perencanaan pembangunan desa, kemudian kita alokasikan anggaran tersebut salah satunya untuk pembangunan Drainase,”ujarnya. “Pekerjaan pembangunan Drainase tersebut masih tahap pekerjaan yang dilakukan oleh warga Desa Cilalawi, dengan target pekerjaan sekitar 14 hari bisa selesai kalau tidak ada halangan apapun,”tegasnya. (Abdul Karim).